iso

Apa Itu ISO, Macam-macam Jenis ISO, dan Masing-masing Fungsinya

Anda pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah ISO, namun tidak tahu menahu tentang apa itu ISO dan apa fungsinya bagi sebuah bisnis. Kita sering menemukan label ISO dari produk-produk milik perusahaan nasional dan internasional. Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap dan detail mengenai Apa Itu ISO, Macam-macam Jenis ISO, dan Apa saja fungsi dari jenis-jenis yang ada.

Jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang memproduksi produk, tentunya Anda akan mengutamakan keseluruhan kualitas dan kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk Anda. Untuk beberapa produk yang kompleks, tentunya hal ini sangatlah vital. Produk akhir yang diproduksi di pabrik yang berbeda-beda di seluruh dunia bisa membuat jaminan kualitas yang dihasilkan menjadi sangat rumit.

Produk-produk tertentu, sebut saja minyak rem atau layar gadget, yang digunakan secara rutin oleh pelanggan, sangat membutuhkan fabrikasi yang tepat. Produsen ditantang untuk membuktikan bahwa semua produknya bisa berfungsi dengan baik dan sempurna setiap waktu. Standarisasi ISO dan standar lainnya adalah aturan dasar perusahaan untuk terus mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang memastikan kualitas dan keandalan produk secara keseluruhan.

Apa Yang Dimaksud dengan ISO ?

ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization. Dari namanya mungkin Anda sudah bisa mengetahui apa itu ISO. Ini adalah sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri dengan mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Singkatnya, ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil setiap negara untuk mengukur mutu organisasi. Maksudnya, setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat diukur kemampuannya atau keadaannya sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan ISO.

Jadi, perusahaan yang telah bersertifikat ISO akan berpeluang memenangkan perdagangan global. Karena telah mengikuti standar-standar ISO, sehingga perusahaan tersebut mendapat kepercayaan dari konsumen. Walaupun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa pemasok Anda mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mengurangi pemborosan dan biaya serta mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Manfaat Sertifikasi ISO untuk Perusahaan

Sertifikasi ISO saat ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk demi kepercayaan pelanggan. Sehubungan dengan hal ini, ISO sangat penting untuk digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam manajemen bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dan tujuan dari memiliki sertifikasi ini.

1. Meningkatkan Integritas Perusahaan

Sertifikasi ISO secara tidak langsung akan meningkatkan pandangan orang terhadap perusahaan Anda, tentunya hal ini sangat penting apabila bisnis Anda bersaing dalam pasar global. Calon konsumen Anda akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi ketika produk/layanan yang akan mereka gunakan telah memenuhi standar yang berlaku.

2. Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Perusahaan yang telah memiliki sertifikasi sesuai standar yang berlaku pastinya telah memiliki visi, misi, dan tujuan yang tinggi untuk mencapainya, hal ini berdampak pada optimalnya kerja seisi perusahaan. Karyawan yang memutuskan untuk bekerja didalam perusahaan tersebut akan berusaha meningkatkan dirinya secara terus-menerus untuk memenangkan persaingan ketat yang ada dialam perusahaan.

 

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Success
Fildy Consultant
Online
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Success
Fildy Consultant
Online
Scroll to Top